Post Top Ad

IBX590194DBC6E05

Kamis, 16 Maret 2017

3 jenis Wabah Pes (Plague)

Menakutkan, penyakit ini bisa berujung kematian jika tidak segera ditangani. Pes (plague) merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri bernama yersinia pestis, dikenal juga dengan istilah wabah hitam. 

Berdasarkan letak bagian tubuh yang terlibat, wabah pesi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
  1. Pneumonic plague, infeksi bakterinya menyebar hingga paru-paru, jenis ini memang paling jarang akan tetapi paling mematikan.
  2. Bubonic plague menimbulkan gejala pembesaran kelenjar getah bening, jenis ini paling sering ditemukan.
  3. Septicemic plague, bakteri berkembang biak dalam darah penderita infeksinya.
Penyakit Pes (Plague) 
Mudah menyebar di area padat penduduk yang memiliki sistem sanitasi buruk dan memiliki populasi hewan pengerat yang cukup tinggi seperti tikus.
Baca: Gili Lampu Menjadi Destinasi Wisata Populer
Salah satu perantara penularan penyakit ini adalah kutu yang sebelumnya menggigit hewan pengerat yang terinfeksi seperti tikus, tupai atau bajing. Pes pada manusia bisa berasal dari cakaran kucing atau anjing yang terinfeksi. 

Gejalanya berupa pusing, nyeri otot, demam, gemetar dan lemas. Kemudian muncul pembengkakan pada leher, ketiak dan pangkal paha. Kemudian ditandai juga dengan gejala batuk mengeluarkan dahak atau nanah dari paru-paru, sakit dada dan sesak napas. Untuk jenis septicemic plague bisa sampai terjadi pendarahan dari mulut, hidung dan anus.
Kunjungi Juga: www.nextdaycialisprofessional.com
20.43 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad