Post Top Ad

IBX590194DBC6E05

Jumat, 24 November 2017

Cara Cerdas Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Baik Anda menggunakan sistem pulsa ataupun prabayar, biaya listrik menjadi salah satu biaya yang harus Anda buat perhitungannya setiap bulan. Apabila Anda baru membeli peralatan listrik, tentu makin bertambah juga pemakaian listrik Anda, dan tentunya semakin tinggi juga tagihan listrik bulanan yang harus Anda bayarkan. Dan hal ini bisa sangat memberatkan keuangan Anda sekeluarga. Yuk, mulai berhemat listrik dengan beberapa cara ini:

1. Gunakan AC dengan teknologi modern
Saat temperature di luar rumah terus menerus naik, secara otomatis Anda ingin menurunkan temperature di dalam ruangan sampai serendah mungkin. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua AC mengonsumsi daya listrik yang sama? Apabila AC Anda sudah berusia terlalu tua, maka inilah saatnya untuk Anda mengganti AC tersebut dengan yang lebih baru. AC yang lebih baru bukan hanya akan memberikan hasil yang lebih optimal, namun juga dapat menekan penggunaan listrik di rumah Anda. AC modern tentu dibekali oleh teknologi yang lebih mutakhir dan hemat energi. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut harus bangkrut demi membayar biaya listrik bulanan. 

Selain jenis AC, yang sangat berpengaruh pada konsumsi listrik suatu AC adalah bersih atau tidaknya perangkat AC tersebut. Jika suatu AC rutin dibersihkan dan dibawa ke enyedia jasa cuci AC setidaknya satu bulan sekali, semua komponen di dalam AC tentu selalu dalam keadaan yang bersih sehingga tidak memerlukan begitu banyak aliran daya untuk mencapai suhu yang Anda inginkan. 

2. Sesekali nyalakan kipas angin
Meskipun banyak orang yang menganggap kipas angin sebagai peralatan yang tidak ada spesialnya, ternyata penggunaan kipas angin dapat membuat Anda menghemat biaya listrik, lho. Dengan daya listrik yang lebih rendah daripada suatu AC, kipas angin baik untuk dijadikan alternatif penyejuk ruangan di rumah Anda. Tak tanggung-tanggung, kipas angin bisa menghemat 10 sampai 40% biaya listrik bulanan Anda. 

3. Mengecek kembali seluruh alat listrik yang Anda gunakan 
Luangkan sedikit waktu Anda yang berharga untuk mengevaluasi seluruh peralatan listrik yang Anda miliki dan gunakan di rumah. Anda perlu mengetahui dengan pasti peralatan apa saja yang paling boros listrik, dan apa yang paling hemat. Ketika telah mengidentifikasi seuruh peralatan, pertimbangkan untuk tetap menggunakan barang-barang tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya Anda juga menyingkirkan beberapa barang elektronik lama yang sudah tak lagi Anda gunakan selama tiga sampai lima tahun belakangan ini. Anda dapat menjualnya ke tukang barang rongsok, atau jika masih layak pakai, Anda dapat menjual atau bahkan menghibahkannya.

4. Beralih pada lampu hemat energi
Jika dulu yang banyak orang tahu adalah bahwa jenis lampu hanya terbagi menjadi 2, yaitu lampu bohlam dan neon, kini jenis lampu telah banyak berkembang jenisnya. Dengan energi yang lebih hemat, tak lantas membuat jenis lampu paling modern ini kehilangan binarnya. Adalah jenis lampu LED yang sampai saat ini diklaim paling hemat energi, yaitu sampai 80% lebih hemat dibanding dengan lampu pijar pada umunya. Berita buruknya, Anda perlu merogoh kocek agak dalam untuk dapat membeli 1 unit lampu jenis LED ini.

5. Cabut kabel dari stopkontak jika tidak sedang digunakan
Meskipun Anda senang dengan kepraktisan menyalakan televisi, komputer, atau bahkan printer dengan menekan satu tombol saja, akan lebih baik bagi Anda untuk meluangkan sedikit waktu Anda ketika menyalakan peralatan dengan tujuan mengurangi konsumsi listrik di rumah. segala peralatan yang tertancap di stopkontak akan selalu menyedot energi, meskipun peralatan tersebut sedang tidak Anda gunakan. Tak sulit bukan untuk mencabut kabel peralatan yang sedang tidak Anda gunakan dari steker? Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat listrik.

01.49 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad